Setelah Gagal LPDP

IMG_1784

Sudah setahun semenjak saya mendapatkan email ini. Saya masih ingat betapa patah hati-nya saya saat mendapatkan email ini. Saat itu adalah momen dimana saya benar-benar menyadari betapa kuatnya keinginan saya untuk melanjutkan sekolah kembali. Momen dimana saya menantang diri saya sendiri untuk benar-benar mendapatkan apa yang saya ingin wujudkan.

Setahun kemarin banyak pembelajaran yang saya dapatkan. Bertemu orang-orang yang bisa mendorong saya melebihi batas kemampuan saya sendiri. Mendapatkan bantuan atau turut serta membantu orang yang berada di jalur perjuangan yang sama. Tulisan saya di blog ini entah sudah menyebar kemana saja, dan bukan menjadi hal yang mengherankan ketika traffic blog menjadi ramai. Terimakasih yang sudah mampir dan turut membaca postingan closure saya mengenai kegagalan di lpdp.

Tahun lalu saya menanamkan pikiran di benak saya kalau tahun depan saya harus sudah melanjutkan sekolah ke sekolah idaman saya. Dan tepat kemarin tanggal 10 Maret 2017, saya baru saja menyelesaikan ujian di kelas (semacam quiz) untuk mata kuliah Social Policy sebelum berangkat ke Sydney untuk menonton Adele tanggal 11 Maret. You know, life will bring you exactly to what you want. Masih ingat novel 5 cm? Tanamkan pikiran dan pusatkan segala perhatian untuk mewujudkan mimpi-mu. Now I sound like motivator ala-ala hahahaha. But, hey, it works for me.

Selama setahun kemarin pun saya mendapatkan banyak email dari random and stranger mengenai lpdp dan beasiswa pada umumnya. Mulai dari bagaimana mengatasi kegagalan, bagaimana mendapatkan beasiswa yang kita mau, dan pertanyaan basic macam “berapa minimal ielts”, “apakah jurusan x menjadi prioritas?”. Mulai dari excited menjawab semua email, hingga bosan dan mengernyitkan dahi mendapatkan berbagai pertanyaan itu hehe. Honestly, I’d love to help others. Tapi bener banget sih, kalau pertanyaannya basic yang bisa dicari tau sendiri kadang agak bingung juga kenapa masih ditanyain lagi. Pantesan aja, banyak kawan yang suka ngasih ‘warning’ ke orang-orang jika ingin bertanya harus mencari tahu sendiri jawabannya. Google is really helpful. You basically could search anything from it. Cuman ya kadang mungkin sulit menemukan keyword yang tepat atau males baca aja sih hehe.

Saat ini setelah menjadi awardee Australia Awards, bukan berarti perjuangan berhenti. Justru perjuangan yang lebih berat menanti selama dua tahun ke depan. I chose a school that very competitive and have a high standard to achieve, semoga dikuatkan selama dua tahun ke depan. Tapi sekolah bukan cuman sekedar belajar, cuman berinteraksi, bertemu orang baru (dari berbagai macam negara dan latar belakang), tinggal di lingkungan baru, beradaptasi dan pengalaman lainnya. Well, I promise to write more about my life in here 🙂

IMG_0093
with Australia Awards Recipient in Crawford

 

Leave a Reply

