Sharing Session Australia Awards

Hari Sabtu tanggal 26 November 2016 kemarin gue dan beberapa kawan membuat sebuah acara Sharing Session mengenai beasiswa Australia Awards. Bermula dari celetukan iseng ke beberapa kawan kalau ada keinginan untuk bikin workshop tentang Australia Awards yang ternyata ditanggapi dengan antusias. Target pesertanya adalah kawan-kawan di group line “AAS Hunter” dan group line lainnya seperti “Dream Bigger”. Konsep acara yang tadinya workshop pun berubah menjadi sharing session dimana para peserta dibagi ke kelompok-kelompok kecil berdasarkan bidang peminatan agar lebih akrab dan lebih dalam diskusi-nya. Lokasi-nya pun di Eat&Eat Epicentrum Kuningan dengan pertimbangan mall itu selalu sepi dan bisa duduk lama tanpa diganggu. 😀

Sebenernya celetukan iseng ini didasari oleh banyaknya pertanyaan mengenai proses pendaftaran beasiswa Australia Awards. Bukan hanya pertanyaan yang sepele macam “minimal ielts berapa” or “minimal IPK” tetapi juga “jurusan prioritas“, “apa yang membuat saya gagal di seleksi kemarin?” dan “bagaimana caranya supaya menjaga semangat kalau sudah gagal sebelumnya?“.

Sebagai orang yang pernah gagal 2x di seleksi AAI sebelumnya, gue paham betapa susah dan kompetitif-nya proses pendaftaran beasiswa ini.

picture1
Komposisi Pendaftar, Shortlisted dan Awardee pada Australia Awards Indonesia Scholarship 2014 – 2016*

As you can see from the bar graph above, peluang lolos shortlisted sangaaat kecil (20-10%). Sementara ketika sudah shortlisted, peluangnya 50%. It is pretty clear that proses pendaftaran dan seleksi berkas adalah yang paling kompetitif. Walaupun memang banyak cerita kalau ada aja orang yang mampu mengerjakan essay dalam waktu kurang dari 1 minggu dan tetap lolos, tapi jangan terkecoh, karena mereka sudah melakukan research mengenai jurusan tujuan mereka serta potensi future goal mereka jauh-jauh hari (berdasarkan hasil tanya-jawab dengan beberapa orang yang melakukan metode ini dan berhasil).

I must say that I’m glad that the Sharing Session went well. Dari 30 peserta yang menyatakan ingin hadir, 19 orang yang beneran hadir. Acara yang mulai dari jam 10 dan diperkirakan selesai jam 12 siang ternyata berlanjut hingga jam 4 sore. 😀

Dan tentu-nya acara ini gak akan berjalan lancar tanpa bantuan dari temen-temen awardee AAI yang ikut membantu. Thanks a lot Amores, Dona, Fatma, Pandu, Adi, Iwan, Ardita dan Doni yang meluangkan waktu nya untuk Sharing Session. Hopefully acara serupa tapi lebih baik bisa diadakan di masa mendatang.

Untuk materi acara-nya sendiri lebih bersifat mengenai penjelasan Australia Awards secara umum, sharing pengalaman persiapan, mendiskusikan hal-hal yang penting untuk dilakukan (bagaimana menjawab pertanyaan, menentukan future goal + mapping your life, CV yang bagus seperti apa,  etc) dan mereview+memberi masukan pada essay/cv bagi peserta yang telah membawanya.

Sayangnya grup ini tidak bisa didokumentasikan melalui video/recorder karena keterbatasan acara yang menggunakan ruang publik. I knew a lot of people curious with what we’ve discussed there. Maka dari itu (sesuai usul Fatma) ada post survey dari kegiatan tersebut. Walaupun baru 2 orang yang memberikan tanggapan, tetapi cukup jelas bahwa menurut para peserta setelah Sharing Session maka yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran AAS antara lain:

  1. IELTS (minimal 5,5)
  2. Mapping your life
  3. Mengkaitkan antara background diri sendiri+tujuan study dengan sektor kerjasama Indonesia-Australia

Well, goodluck for your application, mate! 🙂

 

*= tabel dibuat berdasarkan informasi yang didapat, apabila ada kesalahan mohon bantuannya untuk mengkoreksi
Advertisements

2 thoughts on “Sharing Session Australia Awards

  1. Halo mbak tammi, selamat ya sudah berhasil mendapat AAS.
    Saya juga baru merasakan kesedihan yang sama nih gagal di LPDP 2016 batch 3.
    Sekarang saya lagi mau move on mencoba AAS 2017 untuk intake 2018. hehe
    Mau tanya, dulu cara gabung ke grup LINE AAS Hunter bagaimana ya? Saya ingin mencari teman untuk diskusi juga mengenai persiapan. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s