My Lawyer Mr Jo/Neighborhood Lawyer Jo Deul Ho (KDrama Review)

Neighborhood-Lawyer-Jo-Deul-Ho-Poster2

Kalau mau nonton serial Korea yang (lumayan) lakik banget dan keluar dari jalur mainstream (romance ala Korea).. you can watch this series. My Lawyer Mr. Jo atau Neighborhood Lawyer Jo Deul-Ho.

Serial yang terdiri dari 20 episode ini menceritakan Jo Deul-Ho sebagai tokoh utama, seorang Neighborhood Lawyer (kalau disini pengacara yang nanganin kasus-kasus pro bono). Di episode pertama Jo Deul-Ho awalnya adalah seorang jaksa yang terkenal dengan keganasannya dan tidak kenal ampun, namun di saat sedang menangani kasus yang melibatkan seorang pengusaha (CEO Jung) akhirnya Jo Deul-Ho malah justru dituduh menerima sogokan. Hingga akhirnya Jo Deul-Ho harus dipecat dari jaksa, kariernya hancur, di saat yang bersamaan diceraikan oleh istri-nya sampai dia menjadi homeless.

neighborhood-lawyer-jo-deul-ho_160328_1276.07

Setelah tiga tahun hidup menggelandang di jalanan, Jo Deul-Ho berubah menjadi orang yang ignorance karena institusi yang dia percaya selama ini justru mengkhianati diri-nya. Namun secara tidak sengaja, Jo Deul-Ho bertemu kembali dengan “adik”-nya, Kang Il Go, (sebenarnya Jo Deul-Ho adalah seorang yatim piatu yang tumbuh besar di panti asuhan dan memiliki banyak adik asuh) yang sempat menjadi tersangka terhadap kasus kebakaran pabrik yang menyebabkan kematian seorang tuna wisma.

Kang Il Go bukanlah tersangka sesungguhnya melainkan Michael Jung, anak dari pengusaha CEO Jung. Kasus itu lah yang menyebabkan Jo Deul-Ho dipecat dari pekerjaannya sebagai jaksa. Hingga muncul tersangka baru, yang juga merupakan tuna wisma, yang dituduh melakukan pembakaran dan pembunuhan di pabrik tersebut. Setelah reuni sebentar, Kang Il Go tiba-tiba menjadi korban tabrak lari dari truk yang “tidak” sengaja melintas. Di situ lah Jo Deul-Ho tergerak untuk menjadi pengacara pembela dari tersangka baru untuk membuktikan bahwa pelaku sebenarnya adalah Michael Jung.

Awalnya serial ini terkesan ingin menunjukan bagaimana mereka yang punya uang memiliki power lebih untuk mengatur hukum. Dilihatkan CEO Jung yang merupakan pengusaha yang membuat image dirinya sebagai pilar ekonomi Korea dapat mengatur jaksa-jaksa, membeli orang, sehingga memudahkan bisnisnya berjalan cepat tanpa halangan.

Tapi penyakit yang sesungguhnya adalah ketika si penegak hukum atau mereka yang memiliki jabatan politik telah dibutakan oleh uang dan kekuasaan sehingga mau melakukan apa saja untuk meraih jabatan tertinggi.

Yang awalnya Jo Deul-Ho berusaha untuk mengungkapkan praktik-praktik ilegal dari usaha CEO Jung hingga mengungkapkan kasus korupsi yang terjadi di Kantor Kejaksaan Tinggi Korea.

And what I love most dari film ini adalah sisi-sisi humanity yang ditonjolkan. Karena kasus yang ditangani adalah membela mereka yang lemah (tuna wisma, pemilik usaha makanan yang diusir paksa dari kontrakannya, ibu-ibu yang anaknya meninggal karena salah guna minuman kalengan), jadi banyak hal yang bikin gue berkaca-kaca.

Film ini juga menunjukan menumpas kasus korupsi enggak semudah itu, terutama ketika mereka yang terlibat adalah orang terdekat. Sehingga muncul pertentangan values antara prinsip untuk menegakan hukum tapi di satu sisi ingin melindungi harga diri keluarga.

Salut banget dengan aktor-aktris yang mainnya totalitas disini. CEO Jung yang diperankan oleh Jung Won-Joong bagus banget mainnya hingga yang awalnya benci setengah mati sama dia terus berujung jadi kasian karena punya anak gak tau diri kayak Michael Jung hihihi.

I gave this series 4,2/5

jodeulho16-00310
The Dream Team
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s