Movie Review: A Copy of My Mind

image

Salah satu khas Joko Anwar dalam membuat film adalah dia bisa merangkai adegan secara natural, menghanyutkan dan menampilkan ironi hidup tanpa berlebihan. Mungkin di awal film cukup bosan dengan alurnya yang lambat. Tapi tanpa kita sadari kita terhanyut dengan kisah Alek dan Sari, dua tokoh yang tanpa pretensi apa-apa menjadi tokoh utama dalam kisah yang Joko Anwar coba tampilkan.

Salut untuk acting Tara Basro sebagai Sari. Bagi gue, Tara Basro selalu mengesankan sebagai perempuan mandiri dan sex appeal yang tidak bisa laki-laki hindari. Di film ini Tara Basro berhasil menjadi Sari, si mbak-mbak facial salon, yang naif, polos dan ‘nyaru’ย  dengan mbak-mbak lainnya. Tapi di sisi lain Tara Basro bisa menghadirkan Sari yang terlihat sexy dengan kepolosannya mbak-mbak nya itu.
Di sisi lain, Chico Jericho masih mengingatkan gue dengan Ben di Filosofi Kopi. Dan tetep ya he’s one of sexiest man alive! Chemistry kedua nya oke banget. Alur romansa mereka hadir sederhana dan memikat.

image

Satu hal yang menjadi daya tarik lain dari film ini adalah menghadirkan ironi hidup di Jakarta. Joko Anwar mengemas bagaimana kehidupan di Jakarta yang semrawut akan kepentingan yang beragam. Dengan mengambil latar kampanye Pemilu Presiden, dilihatkan betapa seringkali orang bisa berbuat apa saja untuk mencapai kepentingan nya. Dan Alek dan Sari hanyalah gambaran (cukup ekstrim) korban dari kepentingan tersebut. Yang paling membekas adalah adegan salah satu preman yang menculik Alek setelah mengeksekusi menceritakan ke partner nya rencana dia untuk beli rumah agar anaknya dapat bermain di halaman yang luas. Bahwa pada akhirnya setiap orang tetap lah manusia yang memiliki mimpi dan mewujudkan mimpi tersebut, entah bagaimana caranya. Ah, ironi.

Well, terimakasih Joko Anwar atas suguhan bittersweet nya. Sesaat hati ku pilu bersama mbak Sari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s