Bienvenue Février

Bagi sebagian orang, tanggal 2 Februari 2016 menjadi tanggal yang penting. Kenapa? Karena pada tanggal tersebut merupakan pengumuman tahap 1 untuk seleksi LPDP. Dan sekali lagi Allah SWT memberikan kesempatan bagi saya untuk mencoba seleksi wawancara untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Alhamdulilah.

For your information, the next interview will be my last chance to get the scholarship. Since there is a policy only two times applied to try LPDP (terutama buat seleksi wawancara, untuk seleksi berkas dikasih kesempatan tidak terbatas). Terakhir seleksi wawancara yang gue coba dan, unfortunately, gagal adalah tahun 2014. Tepatnya tanggal 2 September 2014.

Ada banyak alasan mengapa perlu satu tahun lebih bagi gue mendaftarkan diri kembali mengikuti beasiswa ini. Pertama, kebijakan di tahun gue ditetapkan gagal lolos LPDP mensyaratkan peserta yang ingin mendaftar ulang baru dapat mendaftarkan kembali enam bulan kemudian. Kedua, di pertengahan tahun 2015 kebijakan tersebut berubah menjadi kesempatan mencoba wawancara hanya bisa dua kali seumur hidup tanpa harus menunggu enam bulan.

Karena saat itu gue sendiri baru pindah ke kantor yang baru akhirnya gue memutuskan untuk mendaftarkan diri kembali di awal tahun ini. Selain itu persyaratan administrasi yang bertambah juga membuat gue harus punya waktu lebih untuk mempersiapkan (membuat SKCK dan membuat Surat Keterangan Badan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Surat Bebas TBC). Alhamdulilah nya lagi, kampus tujuan gue meloloskan permohonan deffer hingga Juli 2016. So, makin mantaplah gue untuk mendaftar di awal tahun.

Februari akan menjadi salah satu bulan penentuan dalam hidup gue. Karena nanti gue akan menghadapi kembali seleksi interview, leaderless group discussion serta on the spot writing (yang kali ini menggunakan bahasa Inggris). Takut? Cemas? Itu pasti. Tapi keyakinan gue untuk mendapatkan impian gue jauh lebih besar dibandingkan ketakutan itu sendiri.

Dan di saat gue asik browsing gue menemukan salah satu video yang sangat menginspirasi terutama bagi mereka yang suka kehilangan kepercayaan diri. Gue harap teman-teman yang membaca, entah bagian dari 1588 calon penerima beasiswa bpi magister luar negeri LPDP batch 1 tahun 2016 ataupun mereka yang sedang menghadapi situasi serupa tapi tak sama. I do hope this video will help you.

Have a nice day, good people.

💋

Leave a Reply

