Catatan Delf A1

Bonjour !

Akhirnya nilai Delf A1 yang gue tunggu-tunggu itu keluar juga. Setelah sebulan persiapan sambil menangis (karena bahasa Perancis susah banget huhu) alhamdulilah dapat hasil yang menggembirakan. Memang sih baru Delf A1, tapi tetep aja susah kalau enggak belajar dan enggak ada persiapan hehe.

Jadi ceritanya dari akhir tahun 2014 kemarin gue ikut les Bahasa perancis di IFI Thamrin every Sunday morning (kebayang gak tuh effort-nya haha). Tentu aja ujian Delf A1 yang gue ikutin adalah ujian paling dasar dalam strata ujian berbahasa Perancis-an hihi. Level Delf sendiri terdiri dari A1, A2, B1, B2. Nah kalau buat kamu yang ingin kuliah itu ada level sendiri yang harus ditembus yaitu C1.

Karena gue pernah janji kalau ujian Delf A1 gue dapat hasil yang memuaskan maka gue akan mengupas tentang ujian Delf A1 itu sendiri.

Seperti tes bahasa asing pada umumnya, Delf A1 juga menguji kemampuan mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Masing-masing bagian memiliki maksimal skor 25. And you have to passed each for minimum 5/25 which means in total you have to get minimum 50/100 for the test.

Mari gue bahas satu persatu…

Compréhension de l’oral
Pertama test yang akan dihadapi adalah listening section atau compréhension de l’oral. Buat yang merasa orang Perancis ngomong kayak kumur-kumur silahkan angkat tangannya! Haha. Bagian ini hanya terdiri dari 4 bagian dan waktu untuk mengerjakan adalah 20 menit. Enggak ada saran yang lebih jitu selain perbanyaklah mendengar audio berbahasa Perancis, mau lagu kek, mau film kek, terserah. Kesulitan terbesar gue adalah soal yang berbau angka. Menjelang ujian gue rajin banget dengerin lagu bahasa Perancis. At least, lumayan membantu gue supaya kuping gue terbiasa mendengar bahasa tersebut.

Compréhension des écrits
Terdapat 4 bagian dan waktu mengerjakan sekitar 30 menit. And I got perfect score in this section haha *kok sombong. Keempat bagian tersebut biasanya terdiri dari menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan yang tersedia (bisa kartu pos, peta jalan, jadwal atau agenda TV, etc). It’s quite easy since jawabannya pasti ada di bacaan. Tapi ya gue bisa sampai tahap “easy” juga melalui tahap “memahami konteks pertanyaan” dulu sebelumnya. Minimal tau bedanya quand, qui, quel, pourquoi, comment, etc.

Production écrite
Bagian ini adalah salah satu bagian nyebelin karena kita harus nulis dalam bahasa Perancis. Sebenarnya cukup mudah karena disini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama kita harus mengisi formulis (standar ngisi nom, pronom, date de naissance, addresse personelle, etc). Bagian kedua kita menulis surat (biasanya invitation atau membalas invitation) yang terdiri dari 40-50 kata.

Production orale
Ini adalah salah satu ujian dengan momok yang paling bikin deg-degan dan mules. Ada 3 bagian di tahap ini. Pertama, kita akan memperkenalkan diri (nama, umur, pekerjaan, alamat, hobi, semakin panjang semakin oke asal gak out of context dan tentu-nya berbahasa Perancis dengan benar). Kedua, kita akan memberikan pertanyaan kepada examiner berdasarkan card yang berisi kata-kata pilihan (contoh: voiture, restaurant, etc). Ketiga, kita akan diberikan pilihan situasi untuk dipresentasikan. Misal di toko buku, kita jadi pembeli dan si examiner jadi penjual.

Kira-kira contohnya seperti ini:

Tips dari gue adalah: belajar dan latihan sebanyak-banyaknya. Just google “exemple pour Delf A1” atau di Youtube juga banyak yang suka ngasih tips-tips kece.

Salah satu link yang provide contoh latihan untuk Delf adalah di sini.

Akhir kata buat yang akan melalui Delf A1, bon courage! Gue aja yang dodol (kalau dibandingkan teman-teman gue) bisa dapat nilai yang lumayan kok. Minimal kalau udah bisa melewati Delf A1 bisa lah belanja di pasar pake bahasa Perancis haha. Atau enggak nulis hal-hal sederhana dalam bahasa Perancis.

Terus buat yang udah pernah ikut Delf A2, share please~ Haha :))

Bon nuit!

Leave a Reply

