The One and Only: Junji Ito

Kalau boleh memberikan penghargaan tertinggi kepada pengarang Manga (atau cerita) dengan genre Horror/Thriller terbaik, maka penghargaan itu gue berikan kepada Junji Ito.

junji_ito_by_zdecemberz-d6vo27k

Manga pertama karangan Junji Ito yang gue baca adalah Uzumaki. Uzumaki bercerita mengenai sebuah desa di Jepang yang terkena kutukan oleh pattern berbentuk spiral. Dan semua bentuk spiral itu ada dimana-mana. Mulai dari pusaran air, gambar di dinding, rumah keong!!! hingga (if you notice) sidik jari kita! And everything went so crazy. It’s not really a happy ending. After I read it, I feel so depressed hahahaha. Ok, I was at very young age at that time (berasa sekarang udah tua).

uzumaki
aku benci spiral!

But still, I do admire him.

Selain Uzumaki, ada beberapa komik dia yang juga ‘khas’ dan fokus dengan tokohnya. Yaitu Tomie dan Souichi.

MoT6
the beauty Tomie

Tomie merupakan tokoh utama perempuan yang digambarkan sangat cantik. Dengan kecantikannya para pria selalu tertarik dengan Tomie dan akan menuruti permintaannya. Namun saking cantik dan cinta para pria tersebut pun akhirnya selalu berakhir ingin membunuh Tomie (sedih yes). Tapi lebih sedihnya lagi, Tomie tidak bisa mati. Dia akan selalu tumbuh dan hidup kembali. Bahkan bisa menjadi dua atau tiga! Bah! Satu Tomie aja udah ribet, gimana ada dua atau tiga?! Pelik hidup berbi.

junji_ito_s_souichi_by_sickandsad-d6ziqf2
Souichi

Kalau Souichi merupakan seorang anak bungsu yang bisa dibilang sangat eksentrik dibandingkan saudara-nya. Dia sangat tergila-gila dengan ‘ilmu hitam’, selalu ngemut paku di mulutnya (pasti kepikiran pernah luka gak nih bocah. Jawabannya pernah kok. Gara-gara ditonjok mulutnya makanya pipinya bolong gara-gara paku), dan punya kemampuan mengutuk orang lain. Cerita Souichi suka maju mundur dan punya berbagai versi. Walaupun aneh tapi menurut gue cerita Souichi kadang lucu karena dia suka kena tulah sendiri akibat kerjaannya. Mulai dari sama istrinya (yang suka makan manusia) di makan. Atau kutukan yang dia buat malah balik ke diri-nya lagi. :)))

Sebenarnya ada banyak banget karya Junji Ito. Yang menjadi daya tarik dari Junji Ito adalah originalitas ide yang enggak bisa dipungkiri lagi. And he brings horror to a totally new level! Horror bukan hanya soal hantu atau kutukan. Tapi juga ke hal-hal yang sederhana seperti ikan yang punya kaki misalkan.

2ups3mq

Atau jerawat.. Iya, jerawat… -_-

j8fSc

Damn, he is really good. Dan ciri khas-nya jelas sih. Cerita-nya itu bikin depresi. 😀

tumblr_lkjnqhD2GR1qzdcgho1_1280

Baiklah, happy reading semuanya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s