#MACMACMIA

Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekitar 5 (lima) hari yang lalu gue memutuskan untuk mencoba membuka usaha di bidang makanan. It’s still a tiny small start, but hey, every big journey starts from small step, rite?

So, dengan menuliskannya di blog ini maka secara resmi saya mengenalkan #macmacmia 😀

Sederhana-nya bisnis ini menjual macaroni schotel made by order. Media yang paling mudah untuk promosi yang gue gunakan adalah instagram untuk posting gambar dan segala macem. Kemudian the power of mouth itu juga ngaruh banget. Ini baru hari kelima sih tapi alhamdulilah sejauh ini ada aja yang mesen *terharu. Hal lainnya adalah karena umur usaha gue masih bayi banget (belum ada seminggu), gue juga lagi rajin-rajinnya kasih tester ke beberapa orang untuk feedback dari rasa macaroni schotel yang gue jual. Konsistensi rasa adalah salah satu hal paling penting untuk nilai jual gue.

Kenapa gue tiba-tiba jualan macaroni schotel? Ya karena saat ini gue cuman bisanya masak itu hihihi kalau gue jago bikin kue mungkin gue akan jualan cupcake.

Dan selama lima hari ini gue betul-betul menikmati proses perjalanan si bayi kecil #macmacmia. Mulai dari gue memperhatikan perbedaan harga dari barang yang gue beli, merk apa yang mampu mengeluarkan cita rasa yang sesuai kemauan gue, toko mana yang paling bersahabat dan segala macem. Belum lagi proses masak-nya yang praktis membuat gue menghabiskan sebagian waktu di dapur.

Menjalankan #macmacmia membuat gue mengeluarkan kemampuan berorganisir dengan baik. Tidak hanya masak tapi masalah administratif. Dan mulai mikir masalah packaging dan sistem delivery yang mapan bagaimana. Untung aja untuk masalah desain ada adek gue yang gue percayakan untuk bikin logo (bahkan nama #macmacmia pun usulan dia hihi) dan kebutuhan desain lainnya.

The most favorite part so far adalah mendengar feedback dari teman-teman yang membeli #macmacmia. Gue percaya setiap orang memiliki selera makan dan preferensi yang berbeda. Dan rasanya seneng banget denger respon mereka terutama respon yang bisa membantu untuk memperbaiki cita rasa #macmacmia. Makanya gue suka banget bilang “semoga rasanya cocok” karena makanan itu bukan hanya sekedar enak atau enggak enak tapi cocok dan enggak cocok. 🙂

So, hopefully my baby girl will grow bigger and stronger. Yeaaay!

You can only become truly accomplished at something you love.Don’t make money your goal.
Instead pursue the things you love doing and then do them so well that people can’t take their eyes off of you
.” (Maya Angelou)

Leave a Reply

