Soto Medan Asli Pak Syamsudin

Salah satu kota di Indonesia yang merupakan surga bagi pencinta makanan adalah Medan. I do remember when I visited Medan last year, I ate a lot. By I mean a lot is A LOT! Mulai dari makan dimsum di Jala-jala, mie medan, sate kerang, duren ucok, resto Garuda, kue di tip-top, bolu meranti, soto medan dan abis itu gue naik 3 kg dalam waktu 2 hari. Hahaha 😀

Anyway, terkadang gue rindu sama makanan medan sih. Walaupun ada resto Garuda di Jakarta, tapi rasa-nya berbeda. Untung aja ada Kak Ida dan Mama-nya Mbak QQ yang jago masak sayur ubi tumbuk dan udang tauco yang rasanya enak banget.

Rindu gue pun cukup terobati dengan adanya Soto Asli Medan pak Syamsudin di Kemayoran.

Yang gue suka dari Soto Medan adalah kuah-nya yang khas. Berbeda dengan soto bandung atau soto surabaya yang kuah-nya bening atau soto betawi yang santan banget. Soto Medan kuahnya kental berwarna kuning kecokelatan dan terasa gurih rempah.

Soto Asli Medan pak Syamsudin ini sudah memulai usahanya sejak tahun 1930 dan kalau makan disini rasa-nya juga enggak jauh beda dari yang gue pernah makan di Medan. Enggak heran sih si Mbak QQ suka banget makan disini. Biasanya gue selalu pesan soto isi campuran daging dan paru. Satu-satunya kekurangan makan disini adalah kuah-nya kurang asin jadi gue selalu minta tambahan garam (dan cuman gue satu-satunya yang minta tambahan garam, jadi bisa jadi emang gue aja yang suka asin hahaha). Terus yang bikin tambah enak menurut gue adalah racikan sambal cabe hijau + bawang goreng kemudian perasan jeruk nipis dicampur dengan kuah Soto-nya deh. Nyammm~

Apapun makanannya, minumannya tetep Teh Botol Sosro #iklanbanget #teamtehbotol ❤

Sebagai salah satu rumah makan yang sudah lama berdiri, Soto Asli Medan pak Syamsudin masih mempertahankan bentuk asli rumah makan-nya. Ya mungkin gue sotoy sih haha tapi seriously when you came to inside the restaurant, it felt like back to the past. Bayangkan sudah berapa generasi menghabiskan Minggu siang makan bersama keluarga di rumah makan ini? 🙂

Soto Asli Medan Pak Syamsudin
Jalan Angkasa No. 9
Kemayoran

Leave a Reply

