Not-So-Coffee-Journey

I am not a coffee expert. Speak to be honest, gue gabisa minum kopi banyak-banyak karena punya penyakit asam lambung akut. Tapi semenjak pindah ke kantor baru, gue punya kebiasaan untuk minum kopi setelah makan siang. Yang jelas bukan kopi item sih. Sebelumnya kemampuan bikin kopi gue sebatas kopi sachet. Tapi karena di kantor baru tersedia krimer dan nescafe classic, maka gue pun punya racikan kopi ala ala untuk dinikmati menjelang sore hehe.

Racikannya adalah: 1 sendok teh nescafe classic, 2 sendok teh krimer dan 2 sendok teh gula. Diseduh air panas mendidih. Namun karena krimer lagi out of stock, akhirnya diganti dengan susu full cream. Which for me, more delicious!!

Anyhow, speaking about coffee, dalam waktu 2 minggu gue mengunjungi coffee shop yang lagi hitz akhir-akhir ini.

Coffee shop yang pertama adalah Filosofi Kopi. Yes, you heard it. After a massive success of the short story, then the story became a film. Sejauh ini film Filosofi Kopi adalah film adaptasi paling bagus dari film-film lain yang diadaptasi dari karangan Dee. Dan akhirnya si coffee shop tempat shooting Filosofi Kopi pun beneran dijadikan coffee shop.

Ucen yang kepanasan jadi gosong :p
Ucen yang kepanasan jadi gosong :p

Jadi waktu main-main ke Little Tokyo kemarin sebenarnya toko pertama yang didatangin adalah Filosofi Kopi. Alasannya adalah sebenarnya gue enggak kuat panas dan siang itu udara panas banget. Jadi ceritanya mau ngadem dan Filosofi Kopi jadi pilihan karena penasaran banget sama tempatnya.

Angga, the director of Filosofi Kopi, himself who manage the coffee shop
Angga, the director of Filosofi Kopi, himself who manage the coffee shop

Tempatnya enggak terlalu besar, tapi cukup nyaman untuk ngobrol. Ya sayangnya barista-nya bukan Chicco Jerikho juga ya hahhaa. Untuk rasa kopi? Please don’t ask me secara gue bukan coffee expert. Tapi untung aja sih gue dateng ke Filosofi Kopi duluan baru ke Giyanti.

Yes people, tempat kedua yang gue datangin adalah Giyanti Coffee Roastery!  Setelah dengan kabar burung kalau Giyanti Coffee merupakan hidden gem di Jakarta dan masuk top list para pencinta kopi, gue pun ingin membuktikan sendiri keabsahannya. Di zomato sendiri score Giyanti sangat tinggi sampai 4,8! What?

Untuk lokasi-nya sendiri enggak jauh dari kantor gue sebenarnya tapi jam buka-nya kurang bersahabat karena hanya buka hari Rabu – Sabtu jam 09.30 – 17.30. Kebetulan Kamis kemarin lagi tanggal merah jadi gue dan adek gue, si Dita, menyambangi coffee shop ini.

Untuk tempatnya bisa pilih indoor atau outdoor. It’s a full house! Untuk dapet tempat. Suasana-nya sedikit mengingatkan gue sama kedai-kedai di Bali yang santai. Untuk tempat ngobrol atau menyendiri, yep, this is the place. Gue sendiri kemarin pesan cappuccino dan cheese-choco brownies. Sekali lagi gue bukan coffee expert but now I agree with my friend when she said “the other coffee taste like a joke after you come to Giyanti”.

Cappuccino and cheese-choco brownies
Cappuccino and cheese-choco brownies

Gue percaya sih setiap orang punya selera-nya masing-masing dan enggak bisa disamain. Terlepas dari rasa kopi-nya yang “nendang” banget itu, I fall in love with the cheese-choco brownies. Itu enaaaaaak pake banget!! Ngapain sih orang jauh-jauh ke Bandung beli brownies, ke Giyanti aja #jadiiklan hahaha. Sayang-nya untuk menu chicken pie baru bisa dipesan hari Sabtu.

Filosofi Kopi
Pusat Niaga Blok M Square, Melawai, Jakarta Selatan
Click to add a blog post for Kedai Filosofi Kopi on Zomato
Giyanti Coffee Roastery 
Jalan Surabya No. 20 Menteng, Jakarta Pusat
Click to add a blog post for Giyanti Coffee Roastery on Zomato

Leave a Reply

