In The Name of Freedom

Speaking about social movement, ada banyak sekali isu sosial yang menjadi concern setiap orang. Mulai dari HAM, Feminisme, Buruh, Petani, LGBT, Anti Korupsi, you-name-it. Gerakan sosial saat ini sudah memasuki fase yang berbeda dibanding dulu. Era demokrasi saat ini benar-benar mendukung kebebasan berpendapat. Apalagi di era media sosial seperti saat ini. Namun, satu hal yang gue lihat. Pro dan kontra pun terlihat lebih jelas. Pertarungan pendapat sengit tak terelakan. Semua penting. Semua benar. Dan tidak ada yang mau mengalah.

I do believe gerakan sosial itu muncul berawal dari urgenitas. Ada satu kelompok yang merasa tidak terwakili kepentingannya sehingga mereka menyuarakan ketidakadilan yang mereka alami. And somehow play victim. Membuat perubahan itu tidak mudah. Apalagi merubah persepsi atau pandangan yang sudah mengakar di masyarakat.

Salah seorang kawan menyuarakan kekecewaannya di Path ketika “perbedaan” yang dia alami tidak diterima orang lain. My friend is a transgender, he once a girl and now a man. He said: kenapa orang yang terpelajar dan memiliki wawasan luas tidak terbuka pikirannya. Entah kenapa siang itu gatal untuk mengomentari postingannya. IMHO, walaupun terpelajar dan memiliki wawasan luas kita harus menerima yang namanya perbedaan prinsip. Kita tidak bisa memaksakan prinsip/pendapat kita untuk diterima oleh orang lain.

The world is unfair. Selamanya kita akan menghadapi orang-orang yang berbeda pendapat dengan kita. Merubah sistem butuh waktu dan konsistensi yang sangat tinggi. Dan bagaimana melakukan perubahan itu sendiri? It ain’t easy for sure untuk mengharapkan keadilan hukum. Karena LGBT bukan penyakit dan masih sama-sama manusia. Menjadi berbeda bukan berarti mendapatkan perlakuan yang berbeda karena di mata hukum semua sama.

Sayang, dunia tidak se ideal itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s