Review Film: PK (Peekay)

Peekay dalam bahasa India sendiri (kalau dari subtitle yang gue baca) arti-nya adalah mabuk. PK pun kerap kali dipanggil (atau dikatain sih sebenernya) Peekay karena kalau ngomong atau bertanya suka ngelantur kayak orang mabok.

That’s a new story from Rajkumar Hirani. Kalau beberapa tahun yang lalu gue tergila-gila dengan film 3 Idiots, now PK actually stole my heart.

P.K-Peekay-Movie-Poster-Pic

Kalau 3 Idiots merupakan film yang nyinyir abis-abisan tentang sistem pendidikan dan pola pikir masyarakat India pada umumnya (and yes somehow related to our society), film PK kali ini mengungkit satu issue yang super sensitif: Tuhan dan Agama. Mungkin buat yang belom nonton lebih baik jangan dilanjutin baca tulisan ini karena mengandung spoiler.

PK menceritakan seorang alien yang turun ke Bumi untuk melaksanakan misi-nya. Namun, kalung bandul yang merupakan ‘remote’ untuk berkomunikasi dengan spaceship-nya dicuri sehingga PK pun terjebak di Bumi untuk mencari bandul tersebut. Setiap PK bertanya ke orang-orang jawaban mereka selalu sama “Hanya Tuhan yang dapat membantu-mu” dan semacamnya. Then, it makes him start to search God to help him. Tapi ternyata justru mencari Tuhan tidak membuat pencarian bandul tersebut menjadi lebih mudah karena PK akhirnya menyadari bahwa ada ‘banyak’ Tuhan yang diyakini oleh manusia dan dipuja dengan cara yang berbeda.

In my opinion, film ini secara halus mengkritik kepada manusia dibanding kepada Tuhan itu sendiri. Seperti yang PK pelajari dari pencariannya terhadap Tuhan bahwa…

“Ada 2 Tuhan. Tuhan yang pertama adalah Tuhan yang menciptakan kita semua. Tuhan yang kedua adalah Tuhan yang diciptakan oleh kita”

“Kamu ingin membela Tuhan? Tuhan yang menciptakan alam semesta ini sementara kita hanya bagian kecil dari alam semesta ini. Tuhan mampu melindungi diri-nya sendiri”

Well, PK mengatakan hal tersebut setelah salah seorang temannya menjadi korban aksi peledakan bom oleh teroris sebagai aksi melindungi Tuhan atas tindakan penghinaan terhadap Tuhannya.

Terkadang agama seringkali dijadikan alat untuk menguasai. Seperti yang PK bilang its all about ‘fear business’. Rasa takut manusia akan Tuhan dan agama dijadikan alat oleh pihak tertentu (dalam film ini digambarkan sebagai pemuka agama) untuk mencapai tujuan pribadi. Contohnya si pemuka agama ini yang mengaku dapat meramal dan mendapat perintah Tuhan untuk membangun kuil berhasil membuat pengikutnya menyumbang uang. Padahal uangnya buat apa juga enggak tahu hehe.

Well, IMBD sendiri kasih skor 8,7/10 untuk film ini. Walaupun nyinyir, selayaknya 3 Idiots, film ini selain mampu membuat tertawa terbahak-bahak ada juga bagian-bagian ceritanya yang membuat penonton terharu hingga menangis. I think its a good movie to watch. Dulu sih nonton 3 Idiots sampai 15 kali ya.. Entah bagaimana dengan PK ini. 😀

Advertisements

2 thoughts on “Review Film: PK (Peekay)

  1. Filmnya bagus….. Favorit ku film2 aamir khan krn filmnya memiliki pesan yg bagus, pertama kali nntn 3 idiots… Udh berpuluh2 kali,,, trus cari lagi dpt film bom bom bole (taare zameen) bagus juga… Skrg br ketemu film PK ini…. Semua film ini kutonton berulang2 😄
    Jika ada rekomendasi film aamir khan yg bagus boleh dishare ya mba hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s