Priority

Sebulan lagi gue akan berulangtahun yang ke-24. Well, as usual, time always goes faster than we ever thought. 

Dulu waktu masih SMA gue pernah berpikir akan menikah di umur 23. Dulu sih rasanya umur 23 tuh masih jauuuuuh banget, masih di awang-awang. Kepikiran pengen nikah umur 23 karena simple aja supaya jarak umur gue dan anak nantinya ga terlalu jauh. Jadi pas nikah umur 23, punya anak umur 25. Soalnya gue sama Ibu kan beda umurnya sampe 30 tahun, kalau kata orang-orang beda umurnya kejauhan. Hahaha.. bisa aja gue waktu SMA mikir kayak gitu. 

Tahun lalu pas ulang tahun ke 23 gue cuman bisa ngetawain khayalan gue waktu SMA. Boro-boro udah ngerencanain nikah, pacar yang berprospek buat dijadiin calon suami aja kagak ada (waktu mau ulang tahun gue masih pacaran sama orang yang beda agama which is not nikah-able banget kan). 

Sekarang gue masih single dan bentar lagi umur 24. Mimpi SMA gue pun cuman bisa gue ketawain. Di saat banyak temen gue udah mulai mikir tentang pernikahan dan segala macemnya, gue malah berpikir hal yang lain. Beda umur 30 tahun sama anak nantinya juga ga jelek-jelek amat kok. Gue sama Ibu juga bisa ikrib walaupun beda-nya 30 tahun. Ibu gue juga tetep bisa mengikuti perkembangan pergaulan anak-anaknya. Akhirnya gue sadar pernikahan bukanlah salah satu prioritas dalam fase hidup gue sekarang. Buat apa menikah buru-buru demi financial stable atau karena takut hidup melajang. 

Impian yang nyata dan jelas ingin gue capai saat ini adalah kuliah S2. Enggak tanggung-tanggung, Insya Allah gue berencana melanjutkan sekolah gue di luar negeri. Dunia itu luas, dan sayang rasa-nya kalau gue enggak memulai petualangan gue untuk mencari ilmu (tsah) padahal ada banyak kesempatan yang bisa gue ambil. Hidup itu enggak boleh membentuk zona nyaman dan penting untuk terus menerus men-challenge diri sendiri. Mumpung masih muda, masih single, dan banyak kebebasan lainnya.. I know this is the right time for me to go abroad for years.  

Keinginan ini pun semakin kuat ketika banyak temen-temen yang berada di circle gue sudah ada yang keterima beasiswa dan dapet LoA dari beberapa uni. Pol08 mengglobal! Haha. Hopefully, semoga rencana yang sedang dijalankan ini dapat terealisasikan dengan baik. Amien.

 

Leave a Reply

