Hidup

To see the world, things dangerous to come to, to see behind walls, draw closer, to find each other, and to feel. That is the purpose of life.” (The Secret Life of Walter Mitty).

tumblr_mymy7sw8mQ1rcufbuo1_1280

Quote di atas merupakan semboyan dari majalah Life tempat Walter Mitty bekerja sebagai penanggung jawab negatif film untuk foto-foto yang akan ditampilkan di majalah tersebut. Film The Secret Life of Walter Mitty sendiri menceritakan mengenai kehidupan seorang Walter Mitty yang berubah setelah keluar dari zona nyaman dan batas-batas yang dia buat selama ini. Hanya butuh sedikit dorongan, paksaan dan nekad untuk keluar dari zona nyaman dan menghadapi yang nama-nya hidup. Seperti semboyan majalah Life tersebut.

Quote dan film itu menyadarkan gue, bahwa yang namanya hidup ya harus berani melakukan eksplorasi terhadap semua hal. Merasakan benar-benar yang namanya hidup, menjadi dinamis dan melebur dengan kehidupan itu sendiri. Bahwa setiap manusia memiliki pilihan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan perjuangan yang diyakini-nya.

Hari Senin tanggal 6 Januari 2014 pukul 2 pagi saya mendapat email yang sudah ditunggu semenjak sore-nya. Email yang menyatakan saya lolos seleksi tahap pertama dan dapat mengikuti seleksi tahap kedua dalam sebuah pekerjaan impian saya. Another one step closer to reach my dream. Rasa takut campur excited menghantui saya seminggu terakhir ini. Pekerjaan ini bukan pekerjaan biasa karena kalau lolos saya akan ditempatkan selama satu tahun di daerah-daerah terpencil. Dan itu mimpi saya. Untuk tinggal tidak di Jakarta, pergi ke daerah lain dan mengabdi. One step closer, Tam…

Saya ingat ada masa dimana saya merasa kota yang saya tinggali terlalu sesak, pendatang yang selalu datang tanpa henti dan membuat saya berpikir: kenapa semua harus datang ke Jakarta untuk berkembang? Kenapa tidak berusaha untuk mengembangkan daerah masing-masing?

Ada pula masa dimana setiap pagi dalam perjalanan menuju kantor dengan commutter line dan jenuh dengan rutinitas yang ada, muncul pikiran: this is the best I get?

Menonton film ini jawaban dari kemantapan hati yang dibutuhkan saat ini. Bahwa ini adalah jalan hidup yang saya pilih.

Bismillah

 

 

Leave a Reply

