Last Paragraph in 2013

Seperti yang Nelson Mandela bilang “Nothing is impossible until it’s done”. Hal tersebut pun diucap juga oleh Robert Azevedo, DG WTO, dan diulang oleh pak Gita dalam Closing Session MC9 tanggal 7 Desember 2013 di Bali. Dimana menyelesaikan MC9 dan mencapai kesepakatan dalam Bali Package adalah sesuatu yang impossible bagi banyak orang namun ternyata selesai juga.

Kira-kira itu perasaan gue saat ini, ketika besok telah berganti tahun menjadi tahun 2014. There are so much things to do, impossible things, but after all.. its done anyway.

Awal tahun ketika wisuda S1, satu hal yang gue pikirkan: kerja apa. Kerisauan mahasiswa yang baru lulus dan harus menghadapi dunia nyata. Pada saat itu gue baru ‘ditolak’ menjadi peneliti muda di salah satu pusat kajian. Menjadi researcher merupakan salah satu opsi karier yang ingin gue tekuni. Namun ternyata Tuhan berkata lain. Dua minggu setelah lulus gue diterima bekerja di salah satu kementerian yang ternyata membawa gue ke sebuah perjalanan yang sangat menantang.

Bulan September kemarin seharusnya hubungan gue dengan dia-yang-namanya-tidak-ingin-disebut memasuki tahun kedua. Setelah putus-nyambung macam lagu BBB itu pada Hari Raya Idul Fitri resmi berpisah. Kali ini perpisahan yang kami lakukan adalah tanpa pesan. Biarlah kami membawa perasaan kami masing-masing dan biarkan habis dimakan oleh waktu. Sebulan kemudian aku dengan kabar dia sudah pindah ke kota lain. Memang kami sudah memiliki jalan masing-masing. Jadi ingat, awal kami memiliki hubungan pun ketika Hari Raya Idul Fitri tahun 2011.

Pekerjaan yang saya jalani sekarang banyak memberikan dampak besar ke kehidupan saya, baik positif atau negatif. Positifnya adalah saya bisa mengenal banyak orang-orang hebat di bidangnya, membangun networking, melatih diri, belajar beradaptasi dan banyak hal lainnya. Sisi kurang baiknya adalah jam kerja yang tinggi. Dimana tidak hanya dituntut untuk memiliki stamina yang kuat tetapi juga focus dan konsentrasi yang tinggi. Bukan hanya itu, kami juga harus belajar untuk mengkontrol emosi dan logika agar berjalan dengan baik. Pulang jam 9 malam atau lebih menjadi hal yang lumrah. Lucu-nya dulu waktu nonton Up in The Air berharap banget punya pekerjaan dengan jam kerja tinggi dan sering dinas keluar kota. Tuhan punya cara-nya sendiri untuk memberikan jawaban doa saya. Dalam kurang dari dua bulan kartu Frequent Flyer saya telah upgrade menjadi Silver.

Di tahun 2013 pun saya belajar nasihat Ibu yang selalu diberikan dari dulu: “Kalau pacar ada yang namanya putus, kalau sahabatan tidak mengenal kata putus”. Hal ini benar adanya. Ibarat kata, lovers come and go but best friend stay forever. Mungkin kata terima kasih tidak cukup menggambarkan bagaimana mereka selalu ada ketika saya membutuhkan.

So, with all my heart i would like to say Thank you 2013, you are awesome! Happy New Year 2014.

Leave a Reply

