Living in Jakarta sucks.

Unless you are very rich guy, who has every facilities to help you out get out from the stuck of crowded road, the shallow bad weather, cheap food, and everything.

No wonder disini tingkat kriminalnya tinggi. Bayangin aja kalian ‘dituntut’ punya taraf hidup yang tinggi (name it: sekolah bagus, pakaian oke, new gadget, etc) kalau enggak yang mati aja tinggal disini. Lama kelamaan sifat humanis seseorang bisa mati perlahan. Atau kalian jadi kebal dan menganggap semua-nya memang sudah harus-nya terjadi.

For example: banyaknya tukang minta-minta di setiap lampu merah, metromoni yang bisa jalan aja udah jadi keajaiban dunia nomor wahid, tukang copet, motor yang naik trotoar (i wanna kick them all), commuter line yang penuh banget (and i found my ability to be manusia karet), mall yang enggak ada abisnya kemudian di sebelah banyak rumah-rumah kumuh, muka-muka manusia yang tidak ramah (also me), dan banyak hal lainnya.

Di suatu hari pernah gue berdebat dengan bapak gue:

“Di kota ini orang dikasih hidup yang ‘enggak enak’ supaya bisa beli produk-produk yang diciptain supaya bisa ngerasa ‘nyaman’. Contohnya, mobil. Kenapa kita harus beli mobil? Ya karena males banget naik kendaraan umum yang sumpek, panas, kena macet pula. Setidaknya walaupun macet masih nyaman naik mobil sendiri. Padahal kan enggak ada yang salah kalau kita pilih naik kendaraan umum dan berharap kendaraannya nyaman dan enak. Pasti orang-orang bakal pilih naik kereta atau bus kemana-mana. Efisien dan murah pula. Ya ini semua gara-gara pemerintahnya aja lebih mentingin industri otomotif dibandingin kita yang bayar pajak”.

So, maybe move to another city is an answer? Dunno yet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s